Mengupas Rekomendasi Kegiatan Statistik melalui kegiatan COSMIC

29 Juni 2021

thumbnail

Coaching Statistik Melalui Intensive Class kembali dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat untuk yang ketiga kalinya. Pertemuan ini dilaksanakan secara tatap muka di Kantor BPS Provinsi Sulawesi Barat pada hari Selasa tanggal 29 Juni 2021 dan dihadiri oleh perwakilan dari 11 OPD. Tema yang diangkat pada pertemuan ini adalah Rekomendasi Kegiatan Statistik. Tema ini selaras dengan UU No.16 Tahun 1997 tentang Statistik yang mengamanatkan BPS untuk dapat melakukan koordinasi dengan instansi pemerintah dalam penyelenggaraan statistik. Salah satu bentuk koordinasi penyelenggaraan statistik ini adalah dengan melalui rekomendasi kegiatan statistik.

Misnawati Mansur S.ST., MM., selaku narasumber pada COSMIC ketiga, dalam pemaparannya menyatakan bahwa rekomendasi kegiatan statistik merupakan salah satu rangkaian dalam menjaga kualitas data untuk mencapai Satu Data Indonesia. Selain itu tujuan dari rekomendasi kegiatan statistik adalah untuk menghindari duplikasi kegiatan statistik yang dilaksanakan oleh K/L/OPD. BPS selaku pembina data perlu mengetahui jenis-jenis kegiatan statistik sektoral yang dilakukan oleh OPD untuk selanjutnya dapat di-review dan diberikan rekomendasi kegiatan statistik.

Setelah dilaksanakannya pembinaan rekomendasi kegiatan statistik ini, OPD mampu memahami terkait pengertian, tujuan, dan mekanisme pengajuan rekomendasi kegiatan statistik. Selanjutnya diharapkan OPD dapat selalu berperan aktif dalam melaporkan kegiatan statistik kepada BPS agar dapat terwujudnya Sistem Statistik Nasional (SSN) yang andal, efektif, dan efisien. 

Galeri Gambar :

news-gallery news-gallery